Training of Trainer Post Disaster Need Assessment (PDNA)

Kota Bima, pada 2000 sampai 2010, mengalami intensitas kejadian bencana dengan frekwensi yang cukup tinggi. Data kebencanaan setempat menunjukkan bencana banjir terjadi beberapa kali di antara tahun 2006-2011 serta gempa di tahun 2004 dan 2009.

Bencana menyisakan kerusakan pada asset fisik dan infrastruktur, kerugian pada sector perekonomian serta sektor lainnya, gangguan terhadap akses antara lain akses pendidikan, kesehatan dan gangguan fungsi kemasyarakat serta pemerintahan. Pada fase Rehabilitasi dan Rekonstruksi, yang merupakan bagian dari penyelenggaraan penanggulangan bencana, dilakukan proses penilaian atas kerusakan dan kerugian serta kebutuhan yang bersifat komprehensif baik aspek fisik maupun aspek kemanusiaan. Kesemuanya dilakukan dengan prinsip dasar membangun yang lebih baik dan pengurangan risiko bencana yang diwujudkan dalam bentuk rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. Rangkaian proses penilaian kerusakan, kerugian dan kebutuhan dilakukan melalui Pengkajian Kebutuhan Pascabencana atau Post Disaster Need Assessment (PDNA) yang akan mengkaji akibat bencana, dampak bencana dan kebutuhan pemulihan pasca bencana.

Berkaitan dengan hal diatas, Oxfam dan Mitra memandang perlu untuk menyelenggarakan Training of Trainer PDNA, dengan tujuan untuk memperkuat kapasitas instansi local dalam melakukan pengkajian akibat bencana hingga menganalisa dan menyusun laporan kebutuhan pasca bencana (PDNA).