May 24, 2017
Undangan Sarasehan ttg Peksos & PB, RKEP – Jogja, 2-3 Juni 2017

No.    : 9/PUCEN/V/2017                              Yogyakarta, 22 Mei 2017
Lamp.: 1 Berkas
Hal    : Undangan sarasehan

Kepada Yth.:
Bapak/Ibu/Saudara/Saudari Pegiat Pekerjaan Sosial
dan Penanggulangan Bencana
di
Tempat

Dengan hormat,

Pusat Kajian Pujiono (Pujiono Centre, disingkat PUCEN) meluncurkan Rumah Kajian Ervi Pujiono (E-Pujiono Learning House) pada Sabtu, 6 Mei 2017 di Dusun Karanglo, Donoharjo, Sleman, Yogyakarta. Rumah Kajian Ervi Pujiono ini merupakan sarana pembelajaran dalam pelaksanaan “Manajemen Pengetahuan tentang Ketangguhan Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim”. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk mewujudkan hal ini antara lain (1) Beakarya Ervi Pujiono / E-Pujiono Fellowship  2017-2018, (2) Penerbitan seri buku ketangguhan bencana dan adaptasi perubahan iklim di Indonesia, dan (3) Serangkaian seminar/diskusi dengan tema ketangguhan bencana dan adaptasi perubahan iklim.

Unduh file terkait:

  • Surat undangan kegiatan (PDF)
  • Kerangka Acuan Kegiatan “Saresehan Bulanan Perdana Tentang Penanggulangan Bencana: Peran Profesi Pekerjaan Sosial Dan Tatanan Kelembagaan PB di Daerah” (PDF).

Rumah Kajian Ervi Pujiono akan mengadakan diskusi bulanan sebagai salah satu bentuk belajar dan berbagi pengetahuan tentang ketangguhan bencana dan adaptasi perubahan ikllim. Sebagai agenda awal, Rumah Kajian Ervi Pujiono mengadakan saresehan bulanan perdana untuk membahas peran profesi pekerjaan sosial dalam penanggulangan bencana (PB) dan meluncurkan dan mendiskusikan buku kelembagaan PB di daerah.

Profesi pekerjaan sosial di Indonesia masih belum banyak dipahami. Pekerjaan  Sosial seringkali dipahami oleh masyarakat umum sebagai bidang pekerjaan yang hanya mengurusi masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat saja, seperti tunawisma, penyandang disabilitas, orang miskin, orang tua di panti jompo, anak-anak terlantar di panti asuhan, dan lain-lain. Padahal dalam kenyataannya profesi pekerjaan sosial dan pekerja sosial meliputi lingkup pekerjaan yang multidimensi dan kompleks. Selain itu, pekerjaan sosial juga sangat berkaitan dengan penyelenggaraan PB. Topik menarik ini yang akan dibahas bersama dalam diskusi hari pertama di Rumah Kajian Ervi Pujiono.

Dalam penyelenggaraan PB, adanya lembaga penanggulangan bencana di daerah adalah suatu bentuk desentralisasi PB yang dipegang oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah bertanggung jawab untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana di wilayahnya masing-masing. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana (UU No. 24/2007), lembaga PB di daerah adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Disini Rumah Kajian Ervi Pujiono mengkaji kelembagaan PB di daerah tersebut dari segi penerapan kebijakan sebagai implementasi UU No. 24/2007 dan peraturan-peraturan terkait lainnya. Sebagai hasilnya adalah sebuah buku, yang akan secara berkala diperbarui, mengenai kelembagaan dan direktori PB di daerah. Materi dalam buku ini yang akan dibahas dalam diskusi pada hari kedua di Rumah Kajian Ervi Pujiono.

Sehubungan dengan pelaksanaan sarasehan ini kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sebagai peserta kegiatan ini pada:

  • Waktu   : Jumat-Sabtu, 2-3 Juni 2017, Pukul 14.00 – 17.00 WIB
  • Tempat : Rumah Kajian Ervi Pujiono di Joglo Ervi Pujiono, Jalan Pendowoharjo, Dusun Karanglo, Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
  • Materi   : Saresehan Bulanan Perdana tentang Penanggulangan Bencana: Peran Profesi Pekerjaan Sosial dan Tatanan Kelembagaan PB Di Daerah.

Sarasehan ini merupakan salah satu bentuk dari belajar dan berbagi bersama serta tidak dipungut biaya (gratis). Peserta kegiatan ini terbuka bagi siapa saja yang tertarik dengan topik pekerjaan sosial dan PB, khususnya para pekerja sosial, pelaku PB, sekolah pekerjaan sosial, magister manajemen PB, instansi pekerjaan sosial, instansi PB, lembaga swadaya masyarakat, media massa, masyarakat akar rumput, dll.

Berhubung keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh PUCEN dan Rumah Kajian Ervi Pujiono maka kami mohon maaf karena tidak dapat menyediakan biaya transportasi, per diem, dan akomodasi.

Atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Rumah Kajian Ervi Pujiono
Koordinator Kegiatan,

(Djuni Pristiyanto)

HP/WA: 0821-1327-2587
Email: djunister@gmail.com